Sabtu, 25 Februari 2012

From Fiddin with Love

(graffity imut yang di buat sama fiddin)

                Ahaha.. bukan film. Walaupun judulnya mirip film. Fiddin adek kelasku. Kita kakak-adekan, kakak-adekan itu sebuah hubungan mirip kayak friendship. Cuma bedanya yang satu senior, yg satu lagi junior. Kakak-adekan ini cukup ngetrend di SMP ku dulu. Ada yang cewek sama cewek ada yang cewek sama cowok. Umumnya hubungan ini di jalin dengan cara “surat-suratan” karena sebuah alasan yaitu jarang ada waktu ngobrol untuk curhat secara langsung, itu yang aku pahami tentang kakak-adekan ini.

                Tentang Fiddin, dia seumuran sama adekku. Di bawah ini surat terakhirnya dia sebelum aku lulus SMP. Jangan dikira macam-macam. Ini biasa aja, karena aku dan dia normal pun bisa suka sama lawan jenis :D


               
28 April 2010, di kamar 1
Assalamualaikum
Dear kakakku tercinta, mbak fidda yang kini berevolusi menjadi mbak datud^^

                Mbak, mungkinkah ini surat terakhirku? Mungkinkah mbak? Nggak kan? Plis bilang engga. Masih ada jayusan lagi kan?

                Mbak, niatku malam ini buat buat belajar SBK soalnya besok kan ada MID SBK. Tapi jujur mbak, aku kangen sama mbak. Ku certain deh…

                Aku kangen mbak, aku takut kita ngga ketemu lagi. Aku takut perpisahan kita tanpa kenangan indah.

                Mbak, tadinya aku sebel, tiap hari mbak nongol di asramaku cuma buat nagih surat. Tapi aku sadar. Itu sisi so sweetnya. Bodohnya, kenapa aku baru sadar sekarang? Kenapa sadarnya saat detik-detik terakhir? Kenapa ngga dari dulu, waktu kita masih punya 1001 waktu? Ya mbak, aku memang bodoh.

                Kenapa aku dulu sempat berpikir untuk “mutusin” mbak? Cuma gara-gara pikiran negatif. Tapi aka uterus berpikir. Mbak mau nemenin aku kapanpun dimanapun. Mbak mau ikhlas nemenin aku walaupun segitu nyebelinnya aku.

                Kini hariku tanpa huruf “R” cedalmu mbak. Tanpa lesung pipit jonjingmu(pas bayangin ini, aku nangis beneran mbak, sumpah). Sekarang aku bingung, buat apa aku ke achenk kalo ngga ada genggaman surat lagi di tanganku?

Sekarang ke siapa semua cerita konyolku, cerita seriusku, cerita cimonku, atau secret-secret ku tumpahin? Ke siapa? Siapa lagi yang bisa ku palakin coklat? Akan ngga ada kah orang yang bakal ku gantungin tiket pulang? Akan ngga ada kah?
30 April 2010
Mbak, awal kita kakak-adekan, seingetku tanggal 26 Juli siang. Waktu itu aku lagi demam tinggi. Sehari sebelumnya mbak ngasih surat ya mbak? Ngajak sapenan. Trus besokya ngajak kakak-adekan. Aku ragu, tapi akhirnya aku mau.

Hari berganti hari, aku masih sering berpikir negatif soal ini. Jujur aku sempet bikin surat “putus”. Tapi setelah aku tau bahwa mbak nganggep aku bener-bener adek bukan karena mas *****, aku memilih untuk “lanjut”.

Aku juga inget waktu aku ke achenk dengan sok polosnya aku berantakin kamarmu. Atau waktu tarawih aku mergokin mbak sholat sambil nangis. Atau waktu pertama kali kita naik kereta bareng. Hmm, waktu aku ngabisin banyak snack di kereta. Inget ga? Waktu kita nge-gibahin eragon. Atau waktu kita rebutan Cnaa di kereta, konyolnya waktu itu aku jealous sama Cnaa. Masih adakah momen-momen itu lagi? Momen yang rasanya nano-nano.

Siapa lagi yang majang pembalut yang tengahnya ada betadinenya di tembok kamar? Siapa lagi yang balas suratnya 3x sehari? Mbak, kalo aku punya lorong waktu, yakin bakal ku puter waktunya dari 9 bulan yang lalu.

Waktu SMA nanti, masih ingatkah kau denganku? Siapa nanti yang bakal ngajarin aku hidup berasrama?
1 mei 2010
Waktu surat ini ku lanjutin, lagi muter lagu so sweet dari indie band.
Mbak, andaikan bintang kejora pengabul permintaan itu ada, bolehkan aku minta 1 harapan? Pejamin matamu mbak, bayangin beneran ada. “aku pengen mbak ada di deketku untuk selamnya”. Berharap itu boleh kan mbak? Walaupun mbak nanti ngga jadi kakak iparku.

Waktu pertama aku nerima floppy(kayaknya itu oleh-oleh study tour), aku seneng banget. Soalnya Mas ***** ngga ngasih aku oleh-oleh apapun. Waktu itu aku sempet mikir, “Mas ***** sama mbak mbak fida lebih sayang mana sih sama aku?”. Sejak saat itu aku sayang banget mbak sama floppy. Tiap lihat floppy aku selalu inget mbak fida.

Mbak, tiap aku ngasih keju yang harganya ngga lebih dari 4000, mbak mesti balesnya pakai coklat. Bahkan aku sering minta coklat seenaknya. Ya mbak, itu egoku. Berhari-hari aku nyari tau kenapa setinggi itu egoku? Akhirnya ku temukan jawaban. Aku tau jawabannya. Cinta.

Ya mbak, aku tau. Aku ngga akan nggombal lagi kok. Udah bosen. Tapi jujur, aku sayang banget sama mbak. Berapa lembar kertaspun ngga sanggup buat nunjukin rasa cintaku ke mbak(pas bagian ini aku pingin nagis, mbak). Kalo gga saying, mana berani aku teriak buat nagih surat. Aku bisa nge-ekspresiin semua layaknya kita saudara kandung.

Mbak, aku terlalu egois. Aku kayak anak kecil yang ngerengek-rengek biar ngga di tinggal ibunya pergi ke pasar.  Aku emang egois. Tapi bukannya aku ngga mau kamu lulus mbak. Bukan! Aku ngga bermaksud bikin mbak tinggal terus di SMPIT buat jadi murid tertua. Bukan. Bukan. Bukan. Aku mau, banget. Aku pengen mbak lulus. Dengan nilai yang memuaskan. Aku mau cita-cita yang mbak ukir tinggi-tinggi itu tercapai. Tapi melepas itu semua sulit, sungguh sulit. Lebih sulit dari soal aljabar yang di kasih UStadzah Maharsi. Sulit.

Mbak, malam ini di asramaku dingin. Achenk tak berpenghuni. Aku kangen mbak. Ngga ada lagi yang teriak-teriak dengan volume tinggi. Ga ada lagi (udah dua jam aku ngamatin telepon) suara telepon jelek itu. Aku nunggu telepon dari mbak. Aku pingin mbak yang jauh di Gresik telepon aku walaupun cuma sekedar bilang “hai” atau “halo”. Atau mungkin sekedar basa-basi plus cerita plus hot news. Tapi mungkin ngga ya?

Udah satu minggu aku ngamatin floppy, berharap cahaya impian itu akan datang. Udah satu minggu aku ngobrak-ngabrik lemariku, Cuma buat nyari surat-surat dari mbak. Ku baca lagi.walaupun tanggalnya udah basi. Ngga ada yang lebih adri 25 April. Bacanya, kadang-kadang aku senyum-senyum sendiri, ketawa, kadag sedih. Nano-nano.

Aha! Aku inget! Mbak inget ngga? Waktu aku berantem sama mbak fatma gara-gara aku nyoret-nyoretin Qur’annya. Hmm, konyol. Ya, aku tau kalo aku memang konyol. Tapi itu warna hidupku. Ya kan mbak? Ya kan? Ya kan? Ayo ngangguk bilang iya plus senyum.

Kok pepatah itu sadis ya mbak? Masa sia bilang, “Tiap ada pertemuan pasti ada perpisahan”. Jahat kan? Apa kita di kutuk ya mbak sama tuh pepatah? Padahal aku maunya kita together forever kayak Patrick sama spongebob.

Mbak, aku kangen. Aku kangen sama suara itu “Assalamualaykum”, suaramu buat nagih atau ngasih surat sambil nunjukin senyummu. Akan ngga adakah surat dengan cover “just vo my little sister” atau “adekku only”? akan ngga ada kah?

Mbak, aku mau kita selalu bersama
Aku mau mbak selalu inget aku
Aku masih mau di nasehatin kayak biasanya
Aku masih mau kit apulang bareng
Aku mau mbaka da disini
Aku mau jalan-jalan lagi
Aku mau dapet coklat lagi
Aku mau dapat cerita lagi
Aku mau numpahin semua ceritaku
Aku masih butuh kata-kata bijak
Aku mau tukar lagu lagi
Aku mau mbak kembali
Aku mau ngulangin semua…

                Mbak malam ini aku drama lho. “Hansel and Gretel”. Ya, walauupn aku cuma jadi narator, tapi aku mau berusaha ngasih yang terbaik. Aku mau buat kam bangga, mbak.

4 Mei 2010

                Ingat pas di kereta ngga mbak? Hm, cerita soal kereta terlalu banyak.di kereta kamu ketemu mas ***** kan? Hehehe. Mungkin kalo mbak lulus kita ngga bakal naik kereta barenglagi. Posisimu bakal dig anti sama ****. Cerita kita di kereta banyak banget. Mungkin kereta adalah tempat yang penting buat aku. Soalnya disana aku kenal **** dan ceritantya berlanjut sampai sekarang.

                Mbak, walaupun nanti aku bukan adik iparmu dan kamu bukan kakak iparku, tetep inget aku ya! Walaupun kamu sama mas ***** di pisahin, tetep inget aku ya! Walaupun nanti posisimu di gantiin sama mbak *****, tetep inget aku ya! Ingat aku yang selalu berusaha balas surat on time. Inget aku yang ounya banayak topik. Inget cerita kita. Inget aku yang selalu berusaha bagi waktu. Inget aku!!

                Bukankah hati kita telah lama menyatu
                Dalam tali kisah persahabatan Ilahi
                Pegang erat tangan kita terakhir kalinya
    Hapus air mata meski kita kan berpisah
                                (edcoustic-sebiru hari ini)

Di lembar terakhir ini aku mau cerita tentang sesuatu……. *nothing to display*

With Love
Fiddin

Adek kecil yang kadang-kadang sok besar itu sangat keren di mataku. Ia mengajariku akan banyak hal.  Mendengar berita dia dan keluarganya akan pindah ke Gresik, jadi teringat lagi. Masa-masa putih biru di tahun terakhir. The greatest memories ever.



Maaf ya adek sayang, suratnya ku beberin di muka umum. obat kangen ini surat :D

3 komentar:

nuhatsabita mengatakan...

hehehehehe .. aku ngakak bacanya tud :)

Fauzia Farah Azzahra mengatakan...

datudd^^ subhanalloh so sweet bgt kamu sama adek mu :)) aku malah gatau lho kamu kakak adekan ma sapa.. dy anak dibawahnya eragon kah? so sweet kaliannn^^

Ishmah Rafidatuddini mengatakan...

nuha: aku bacanya juga sambil ketawa2 sendiri, nuha :D

farah: masa ga tau sih far. dia, adeknya teman ikhwan seangkatan kita. iya, bawahnya eragon.